Lanjut ke konten

Jenis-Jenis Virus Komputer (Bag 1)

27 Juni 2010

pada bab 1 ini saya akan mencoba membahas  jenis-jenis virus yang saya simpulkan dari berbagai sumber, baik sumber pustaka maupun sumber dari internet.di jenis-jenis virus komputer ini dibedakan ke beberapa bagian diantaranya :

1. Berdasarkan Teknik Pembuatannya

•  Virus yang Dibuat dengan Compiler adalah virus yang dapat dieksekusi karena merupakan virus yang telah di  compile sehingga menjadi dapat dieksekusi langsung. Virus jenis ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, dan sampai sekarang terus berkembang pesat. Biasanya virus jenis ini dibuat dengan bahasa pemrograman tingkat rendah yang disebut dengan  assembler, karena dengan menggunakan  assembler  program yang dihasilkan lebih kecil dan cepat, sehingga sangat cocok untuk membuat virus. Tetapi tidak tertutup kemungkinan untuk membuat virus dengan menggunakan bahasa pemrograman lainnya seperti C dan  Pascal baik dilingkungan

DOS maupun Windows .

Mungkin virus jenis ini adalah virus yang paling sulit untuk dibuat tetapi karena dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman dan berbentuk bahasa mesin maka keunggulan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir seluruh manipulasi yang mana hal ini tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas.

•  Virus Macro

Banyak orang salah kaprah dengan jenis virus ini, mereka menganggap bahwa virus  Macro adalah virus yang terdapat pada program  Microsoft Word. Memang hampir seluruh virus  Macro yang ditemui merupakan virus  Microsoft Word. Sebenarnya virus  Macro adalah virus yang memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi tertentu seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowePoint, Corel WordPerfect, dan sebagainya. Tujuan dari fasilitas pemrograman modular ini adalah untuk memberikan suatu kemudahan serta membuat jalan pintas bagi aplikasi tersebut. Sayangnya fungsi ini dimanfaatkan oleh pembuat-pembuat virus untuk membuat virus didalam aplikasi tersebut. Walaupun virus ini terdapat didalam aplikasi tertentu tetapi bahaya yang ditimbulkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain.

•  Virus Script/Batch

Pada awalnya virus ini lebih dikenal dengan virus  batch karena dulu terdapat pada file  batch yang terdapat pada DOS , sekarang hal ini telah berganti menjadi script. Virus script biasanya sering didapat dari  Internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat kita bermain internet, virus jenis ini biasanya menumpang pada  file HTML (Hype Text Markup Language) dibuat dengan menggunakan fasilitas  script seperti  Javascript,  VBscript,4 maupun gabungan antara  script yang mengaktifkan program  Active-X  dari Microsoft Internet Explorer.

No comments yet

Tinggalkan komentar